7 Tips Menjaga Miss V Sehat Saat Menstruasi! Sangat Mudah Lho!

0
124
views
miss v sehat saat menstruasi

Ketika berada dalam fase menstruasi, wanita perlu meningkatkan kebersihan area miss v demi menjaga kesehatan. Bukannya tanpa alasan, tetapi anda perlu menjaga miss v sehat saat menstruasi karena risiko terjadinya infeksi pada miss v semakin tinggi.

Pada hari-hari normal, mukus akan menutup leher rahim. Sebaliknya, pada saat menstruasi, leher rahim justru akan terbuka sehingga memungkinkan darah keluar. Di sisi lain, kondisi ini sangat memungkinkan pula bakteri dan patogen untuk masuk terus ke rahim dan rongga pelvis (panggul).

Bila infeksi terjadi, maka berbagai penyakit pun akan mengikuti. Pada tahap yang parah, kematian menjadi hal yang tak dapat dihindari. Untuk itu, penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan miss v selama menstruasi.

Berikut Tips Miss V Sehat Saat Menstruasi!

Menggunakan pembalut atau tampon yang tepat

Kamu bisa memilih pembalut atau tampon yang tepat. Masing-masing produsen menawarkan produk dengan pilihan tingkat penyerapan yang berbeda. Pilih yang terbaik sehingga meminimalkan kelembapan di area miss v dan paha.

Selain itu, perhatikan pula bahan-bahan yang digunakan. Hindari pembalut atau tampon yang memiliki kandungan kurang baik untuk kesehatan.

Mengganti pembalut atau tampon secara reguler

Sepadat apa pun aktivias yang kamu lakukan, jangan malas mengganti pembaut atau tampon. Selain untuk membuatmu tetap nyaman beraktivitas, mengganti pembalut atau tampon juga akan menekan risiko patogen untuk lebih aktif berkembang biak.

Seberapa sering kamu harus mengganti pembalut atau tampon tergantung dari seberapa deras aliran darah yang terjadi. Karena itu, selalu siapkan cadangan ke mana pun kamu pergi. Jangan lupa, buang pembalut atau tampon yang telah dipakai di tempat yang telah disediakan khusus, ya.

Membersihkan dari depan ke belakang

Hingga kini, masih banyak wanita yang keliru dalam cara membersihkan organ kewanitaan. Membersihkan bagian ini adalah dari depan ke belakang, bukan sebaliknya.

Bila membersihkan dari belakang ke depan, kamu justru memperbesar risiko berpindahnya bakteri dari anus ke bagian depan. Hal inilah yang menjadi faktor paling banyak menyebabkan infeksi saluran kencing pada wanita dan infeksi ragi pada miss v. Jangan lupa, bersihkan bagian miss v dan anus secara terpisah.

Tidak perlu menggunakan sabun kewanitaan

Bahkan pada masa menstruasi pun, miss v tidak kehilangan kemampuan self cleaning-nya. Penggunaan sabun justru hanya akan membunuh bakteri baik dan merusak keseimbangan pH.

Bila tetap ingin menggunakan sabun, gunakan hanya pada bagian luar saja berikut dengan menggunakan air hangat. Yang paling penting, kamu hanya perlu membersihkannya secara teratur, tanpa sabun atau pembersih lain sekalipun.

Mandi secara teratur

Menstruasi memang cenderung meningkatkan rasa malas untuk beraktivitas, terutama bila ditambah dengan nyeri perut. Walau begitu, pastikan kamu tetap mandi setidaknya satu kali sehari.

Mandi akan membantumu merasa segar sekaligus menjaga seluruh badan tetap dan mencegah bau. Bila kamu tengah merasakan nyeri dan pegal, mandi air hangat juga akan membantu ototmu lebih relaks.

Menggunakan pakaian yang nyaman dan longgar

Berada dalam siklus menstruasi bukan berarti menghalangimu untuk tetap dress to impress. Walau begitu, jangan sampai menyiksa diri sendiri dan membahayakan tubuh demi terlihat sempurna di luar.

Hindari menggunakan baju-baju yang ketat terutama pada area kewanitaan. Kain yang terlalu ketat hanya akan membuat daerah miss V jadi semakin lembap, panas, dan membuat kulit iritasi. Pilih saja pakaian yang longgar dengan bahan-bahan menyerap keringat seperti katun.

Pastikan air dan tisu bersih

Yang tak kalah penting, pastikan bahwa kamu membersihkan diri dengan air yang bersih. Air yang kotor justru akan memperparah kemungkinan terjangkitnya patogen berbahaya.

Di samping itu, gunakan pula tisu bersih setiap selesai membersihkan. Hal ini tidak lain untuk menjaga area miss v tetap kering sehingga jamur dan bakteri tidak semakin menjadi-jadi.

Di atas adalah beberapa cara menjaga miss v sehat saat menstruasi yang wajib anda ketahui. Namun, tentu saja itu saja tidak cukup menjaga miss v luar dalam. Simak Tips Ampuh Merawat Miss V!

Demikian ulasan informasi tentang “7 Tips Menjaga Miss V Sehat Saat Menstruasi! Sangat Mudah Lho!“. Semoga bermanfaat bagi anda, dan jangan lupa baca artikel kesehatan lainnya hanya di cepatbaca.com!

Pertanyaan dan Komentar

komentar