AWAS!! Inilah Bahaya Keputihan Saat Hamil Yang Harus Anda Tau, Beresiko Keguguran!

0
96
views
bahaya keputihan saat hamil

Hampir semua wanita pasti pernah mengalami keputihan. Apakah anda salah satunya? Namun bagaimana jika wanita mengalami keputihan saat hamil? Apakah berbahaya? Lalu apa bahaya keputihan saat hamil? Simak ulasannya dibawah ini!

Keputihan Saat Hamil, Apakah Berbahaya?

Keputihan merupakan salah satu keluhan yang sering dialami selama kehamilan wanita. Keluhan ini terjadi karena beberapa penyebab, mulai karena tidak terjaganya kebersihan organ miss v, keadaan psikologis kehamilan, stress, hingga karena pengaruh hormon kehamilan.

Keputihan saat hamil dapat terjadi pada masa kehamilan trimester pertama (hamil muda), hingga trimester akhir. Ingat!!! Keputihan saat hamil harus segera diatasi, karena jika dibiarkan bisa menimbulkan beberapa bahaya.

Apa saja bahaya keputihan saat hamil bagi kesehatan ibu dan bayi?

Bahaya Keputihan saat hamil sebenarnya merupakan masalah yang bisa dialami oleh semua wanita. Masalah ini timbul akibat adanya infeksi parasit (jamur, bakteri, maupun virus) pada organ miss v.

Bagi wanita yang tidak hamil, keputihan mungkin hanya akan menyebabkan rasa tidak nyaman saja. Namun bagi wanita yang sedang hamil, AWAS! keputihan beresiko menyebabkan beberapa bahaya, baik bagi dirinya sendiri maupun bayi yang ada dalam kandungannya.

Berikut bahaya keputihan saat hamil :

Sakit di Area Kewanitaan

Bahaya keputihan saat hamil yang pertama adalah timbulnya rasa sakit saat buang air kecil atau saat berhubungan. Timbulnya rasa sakit ini umum terjadi karena infeksi parasit pada sekitar area intim. Anda harus segera melakukan penanganan jika merasa bagian intim Anda mulai sakit, karena ini merupakan tanda bahaya awal yang membuka peluang infeksi terjadi secara lebih masif.

Kelahiran Prematur

Keputihan saat hamil yang disertai keluarnya cairan kental, amis, dan rasa gatal pada vulva tidak bisa dianggap sepele. Jenis keputihan ini disebabkan oleh jamur Candida albicans, yaitu jamur yang bisa menginfeksi saluran metabolisme bayi dan mengganggu pertumbuhannya.

Bila dibiarkan dan tidak diobati, jenis keputihan ini beresiko menyebabkan bayi Anda terlahir prematur.

Ketuban Pecah

Bahaya keputihan saat hamil selanjutnya adalah ketuban pecah sebelum waktunya.Keadaan ini umumnya ditandai dengan keputihan yang mengeluarkan cairan kekuningan, amis, dan rasa gatal. Jenis keputihan ini biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri Vaginosis bakterialis yang cukup berbahaya jika sampai ke rahim.

Berat Badan Bayi Rendah

Keputihan saat hamil dapat menyebabkan bayi terlahir dengan berat badan yang rendah. Bahaya keputihan saat hamil ini ditandai dengan timbulnya rasa panas dan gatal yang tidak tertahankan di area miss v. Penyebabnya adalah Bakteri Trichmonas vaginalis.

Bahaya Lainnya

Selain keempat bahaya di atas, pada beberapa kasus yang jarang terjadi, keputihan saat hamil juga dapat mengakibatkan beberapa masalah pada bayi setelah dilahirkan. Masalah tersebut timbul sesuai dengan jenis parasit penyebab keputihan.

Berikut penjelasannya:

  • Infeksi jamur Chlamydia beresiko menyebabkan persalinan prematur (persalinan sebelum waktunya) hingga keguguran.
  • Infeksi virus Herpes simpleks beresiko menyebabkan radang pada otak bayi (ensefalitis).
  • Infeksi jamur Candida sp beresiko menyebabkan penyakit ayan (epilepsi).
  • Infeksi virus HPV beresiko menyebabkan papiloma laring, masalah yang menyebabkan gangguan pernapasan dan pencernaan pada bayi.
  • Infeksi bakteri Neisserea gonorrhoeae beresiko menyebabkan infeksi mata hingga kebutaan pada bayi.

Nah, itulah beberapa bahaya keputihan saat hamil yang perlu Anda waspadai jika mengalaminya. Segera konsultasikan masalah tersebut pada dokter atau anda dapat mengatasinya secara cepat dengan mengonsumsi ramuan untuk keputihan dengan bahan alami.

Itulah informasi yang dapat kami ulas, Semoga bermanfaat bagi anda ya!

Pertanyaan dan Komentar

komentar